Selasa, 03 Maret 2015

Ketahui Pemicu Rambut Beruban



Rambut beruban atau rambut yang berwarna putih biasanya ada pada seorang yang sudah lansia. Namun diketemukan sebagian masalah, rambut beruban ini berlangsung juga pada seorang di umur belia. Sesungguhnya apa sih pemicu rambut beruban? Serta bagaimana caranya mengatasinya?

Banyak yang menyampaikan bahwa pemicu timbulnya rambut beruban di umur belia yaitu lantaran aspek keturunan atau genetika. Memanglah benar, salah satu aspek pemicu timbulnya rambut beruban di umur belia yaitu aspek keturunan atau genetika. Namun terdapat banyak aspek juga yang dapat mengakibatkan timbulnya uban di umur belia.

Aspek – aspek itu diantaranya :

1. Stres

Kesusahan beserta desakan – desakan hidup mengakibatkan stres yang terlalu berlebih. Stres yang terlalu berlebih inilah salah satu aspek penyebab uban di umur belia. Stres mengakibatkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut yang dimaksud melanin. Pigmen ini dihasilkan oleh sel badan yang di kenal juga sebagai melanosit. Bila melanosit tak akan menghasilkan melanin, rambut bakal tumbuh memutih. Tetapi hal semacam ini cuma berbentuk sesaat, berarti apabila badan tak alami stres terlalu berlebih lagi, produksi pigmen bakal kembali lancar.

2. Style Hidup

Pola hidup yg tidak sehat ini misalnya yaitu merokok serta diet yang salah. Nikotin dalam rokok yang terserap dalam darah bakal menghalangi aliran zat – zat gizi yang diperlukan badan hingga mengakibatkan peredaran darah jadi tak lancar serta menghalangi perkembangan rambut juga. Begitupun dengan diet yang salah, kekurangan gizi atau gizi jelek lantaran konsumsi makanan yang kurang seimbang bisa memengaruhi kesehatan rambut.

3. Pewarna Rambut

Penggunaan pewarna rambut tidak cuma melekat di batang rambut, namun juga meresap ke pori – pori kulit kepala, serta zat – zat kimia yang terdapat dalam pewarna tentu memengaruhi kesehatan rambut juga. Karenanya, pastikan cat rambut dengan jeli sesuai sama keadaan rambut serta kulit kepala serta tak memakainya terlalu berlebih.

4. Penggunaan Shampo

Biasanya, orang suka dengan sampo yang banyak terkandung busa. Walau sebenarnya busa yang banyak dalam sampo bermakna banyak soda serta malah tak sehat. Pakai sampo memiliki bahan basic alami serta enteng dan jauhi air hangat atau panas untuk membersihkan rambut.

Pencegahan rambut beruban di umur dini

Untuk anda yang kurang yakin diri disebabkan timbulnya uban di umur awal, tak perlu cemas. Walau uban yang nampak tak dapat dijauhi, tetapi sekurang-kurangnya anda bisa kurangi laju perkembangan uban, seperti berikut :

1. Olahraga

Kerjakan gerakan – gerakan enteng yang maksudnya adalah untuk meminimalisir stres hingga bisa kurangi laju perkembangan uban. Seperti : meditasi, mengatur pernapasan, akupresur.

2. Perbaiki Nutrisi

Mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk rambut, seperti : juice wortel serta tomat, juice wortel serta bayam, juice melon serta bermacam buah yang memiliki kandungan banyak vitamin C. Perbanyaklah makan sayuran hijau serta merah lantaran sayuran ini banyak terkandung vitamin A yang bikin rambut makin sehat memiliki nutrisi dan kuat dari ancaman kekurangan pigmen. Janganlah lupakan protein nabati dari kacang – kacangan untuk melindungi struktur rambut terus halus serta sehat.

3. Pakai langkah alami

Langkah alami seperti kombinasi minyak kelapa serta air jeruk nipis pada rambut, lalu pijat sepanjang 15 menit serta basuh. Atau dapat juga memakai teh yang pekat dengan penambahan sesendok garam, lalu tuangkan rata ke rambut sembari dipijat perlahan-lahan di ruang kulit kepala. Biarlah sepanjang satu jam, lantas basuh dengan air dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar